Seputar Peradilan

Taliwang, 14 April 2020 | 14.00 Wita

Ketua Pengadilan Agama Taliwang kelas II, Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., MA., resmi melantik dan memimpin Penyumpahan Jabatan Calon Hakim menjadi Hakim Pratama pada hari Selasa, 14 April 2020 pukul 14.00. WITA di Kantor Pengadilan Agama Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Hakim Pratama tersebut, yaitu Misbah Nggulam Mustaqim, S.Sy., yang sebelumnya merupakan Cakim (Calon Hakim) di Pengadilan Agama Taliwang dan bertempat Magang di Pengadilan Agama Cikarang, Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Pelantikan Hakim tersebut berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 29/P Tahun 2020 pada tanggal 11 Maret 2020 dan Petikan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 980/DJA/KP.04.6/SK/3/2020 pada tanggal 17 Maret 2020.

Dalam sumpahnya, Hakim tersebut berjanji akan memenuhi kewajiban sebagai Hakim Pengadilan Agama Taliwang dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dan memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (UUD NKRI) Tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undanngan dengan selurus-lurusnya menurut UUD NKRI Tahun 1945. Hakim tersebut juga berjanji akan berbakti kepada Nusa dan Bangsa.

Prosesi pelantikan dan penyumpahan, berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur yang telah dicantumkan dalam surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 1283/DJA/KP.04.6/4/2020 tanggal 9 April 2020, yaitu (1) Harus memperhatikan physical distancing dan protokoler kesehatan, (2) Menggunakan masker kepada seluruh pihak yang hadir dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Setalah pelantikan berlangsung, dilanjutkan dengan Pelepasan Alih Tugas dua orang Hakim Pengadilan Agama Taliwang, yaitu (1) Ridwan, S.H.I., promosi sebagai Hakim Pengadilan Agama Praya kelas 1B, (2) Rauffip Daeng Mamala, S.H., promosi sebagai Hakim Pengadilan Agama Dompu kelas 1B.

Dalam amanatnya, Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., MA., selaku Ketua Pengadilan Agama Taliwang, mengucapkan Selamat datang kembali kepada Hakim yang baru dilantik (disebut datang kembali karena pada waktu Jabatan Calon Hakim berada di Pengadilan Agama Taliwang) dan memberikan beberapa catatan, yaitu: Pertama, ilmu-ilmu yang didapatkan saat magang agar direalisasikan di Pengadilan Agama Taliwang ini, agar kontribusi yang diberikan dapat meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Taliwang meningkat, sehingga pelayanan prima kepada masyarakat menjadi nyata. Kedua, silahkan secepatnya beradaptasi di Pengadilan Agama Taliwang sehingga bisa menunaikan tupoksi secara maksimal.

Kemudian, Ketua Pengadilan Agama Taliwang, menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan kerjasamanya selama bertugas di Pengadilan Agama Taliwang kepada kedua Hakim yang dimutasi. Tanpa kerjasama yang baik, maka Pengadilan Agama Taliwang tidak akan pernah mencapai kesuksesan yang diraih saat ini.

Acara pelantikan dan pelepasan alih tugas ini, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Hakim yang baru dilantik dan dan pemberian cinderamata kepada kedua Hakim yang mendapatkan promosi di kelas 1B. ~mgm~