Peradilan Agama

  • Taliwang, 31 Oktober 2018

    Ketua Pengadilan Agama Taliwang Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., MA, didampingi oleh Ridwan, S.HI dan Rauffip Daeng Mamala, S.H (Hakim PA Taliwang) mengahadiri undangan Purna Tugas Drs. H. Syarifuddin, MM di Kantor Kemenag KSB. 

  • Taliwang, 10 September 2018

     
    Ketua Peradilan Agama Taliwang sangat bersyukur kepada Allah Swt., atas diraihnya nilai “A Excellent” oleh PA Taliwang.  Beliau berharap hasil yang diraih ini menjadi sebuah semangat baru untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Semoga dengan apa yang diraih mendapat barokah dari Allah. Amin Ya Robbal'alamin.
     
     
  • Taliwang | Selasa, 04 September 2018 15.30

    Pengadilan Agama Taliwang bergotong-royong memberishkan area kantor. Kegiatan tersebut dimulai dari halama depan kantor, samping dan terakhir halaman belakang kantor. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan Suasana kantor yang bersih, rapi, dan indah yang tentunya merupakan idaman setiap pegawai.

    Foto-foto kegiatan Gotong Royong disini 

  • Taliwang | 19 Agustus 2018 08.00 Wita

     
    Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Taliwang. Warga Pengadilan Agama Taliwang mengikuti Upacara HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73.
     
    Dalam acara upacara tersebut dibacakan Visi dan Misi Mahkamah Agung, serta dibacakan pula Amanat Ketua Mahkamah Agung dengan tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi” dalam Amanat Pembina Upcara yang disampaikan oleh Ibu Ketua Pengadilan Agama Taliwang Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., M.A.
  • Taliwang | 17 Agustus 2018 07.30 WITA
     
     
    Bertempat dihalaman  utama Pengadilan Agama Taliwang pada hari Rabu  Tanggal 17 Agustus 2018 dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.
     
    Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 dimulai tepat pukul 07:30 WITA.
    Bertindak sebagai pembina upacara Ketua PA Taliwang Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., M.A, Upacara berlangsung hikmat yang diikuti seluruh Hakim beserta segenap pejabat fungsional dan struktural, staff serta Honorer.

Seputar Peradilan

  • SELEKSI CPNS MAHKAMAH AGUNG DIMINATI LEBIH DARI 35 RIBU PENDAFTAR

    Jakarta – Humas : Masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Mahkamah Agung telah berakhir pukul 23.59 Senin (15/10/2018). Formasi yang disediakan Mahkamah Agung diminati lebih dari 35 ribu pendaftar. Berdasarkan data yang dihimpun pada pukul 00.01 Selasa (16/10/2018), jumlah calon pelamar yang memenuhi syarat sebanyak 31.525 (tiga puluh satu ribu lima ratus dua puluh lima) orang pelamar. Sedangkan total keseluruhan pelamar yang memilih Mahkamah Agug adalah sebanyak 35.756 (tiga puluh lima ribu tujuh ratus lima puluh enam) pendaftar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 34,879 (tiga puluh empat ribu delapan ratus tujuh puluh sembilan) pelamar atau setara dengan 97,5% yang menginput persyaratan.

  • Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH., melantik dan mengambil sumpah Ketua Muda Pidana dan Ketua Muda Militer Mahkamah Agung pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 pukul 11.00. WIB di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung lantai 14.
     
    Ketua Muda Pidana Mahkamah Agung yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Dr. H. Suhadi, SH., MH. Juru Bicara Mahkamah Agung ini menggantikan posisi Artidjo Alkostar yang telah pensiun pada 22 Mei 2018 lalu.
     
    Sedangkan Ketua Muda Militer Mahkamah Agung yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung adalah Dr. Burhan Dahlan, SH., MH. Hakim Agung pada Kamar Militer ini menggantikan posisi Timor P Manurung SH., MM., yang telah Pensiun pada September 2017 lalu.
     
    Pelantikan dan pengambilan sumpah ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Nomor: 188/P Tahun 2018 tanggal 28 September 2018.
     
    Selain Ketua Mahkamah Agung, Acara ini akan dihadiri oleh seluruh pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, para pejabat Eselon 1-4 Mahkamah Agung dan Undangan lainnya. (Humas)
     
  •  
    Jakarta – Humas: Mahkamah Agung kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan atas Laporan Keuangan MA dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2013-2017. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr.Syariffudin, SH.,MH, pada Kamis 20/9/2018 di gedung Dhanapala.Selengkapnya...
  • Denpasar – Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., membuka secara resmi Kejuaran Nasional Tenis Beregu Piala Ketua Mahkamah Agung ke XVIII di Lapangan Renon Denpasar, Senin,10/9/2018. Kejuaran nasional yang diselenggarakan setiap 3 (tiga) tahun ini menjadi ajang silaturahim yang diharapkan dapat mempererat jiwa korsa warga peradilan. “Dari turnamen ini kita dapat belajar untuk berlomba – lomba menjadi dan memberikan yang terbaik, dengan cara memaksimalkan potensi yang ada dalam diri, melalui semangat juang yang tinggi, strategi yang matang dan kerjasama tim yang solid. Nilai – nilai kebaikan itulah yang diharapkan juga dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari – hari warga pengadilan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan.” Tutur Hatta Ali.

    Selengkapnya...
Cetak

Wahai Suami atau Ayah, Waspada Dayuts

Ditulis oleh 'Oul. Posted in Artikel

SUAMI atau ayah tak hanya berkewajiban untuk memberi nafkah bagi istri atau keluarganya. Lebih daripada itu, tugas seorang suami atau ayah adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai syariat Islam agar tumbuh subur di tengah kehidupan keluarganya.
 
Dengan didikan agama yang benar dari suami atau ayah, maka diharapkan nilai syariat Islam bisa tumbuh subur di keluarganya. Tidak ada anggota keluarganya yang berani melanggar larangan Allah dan Rasul-Nya.
 
Sebaliknya, banyak orang tua terutama ayah, karena keawamannya dalam masalah syariat Islam ini, sehingga ia seringkali membiarkan saja kemaksiatan yang dilakukan salah satu dari anggota keluarganya. Membiarkan kemaksiatan yang dilakukan oleh anggota keluarga itulah yang disebut dengan dayuts.
 
Syaikh Abdulaziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang ridha adanya perbuatan keji pada keluarganya (istrinya), yaitu mendiamkannya terhadap perbuatan zina, tidak melarangnya, tidak marah karena Allâh Azza wa Jalla , karena rasa cemburunya sedikit dan imannya lemah. Adapun orang yang telah berusaha mengingkarinya dan menghalanginya dari perbuatan keji, maka orang ini tidak disebut dayûts”. [Fatâwâ Islâmiyyah, 3/118]Seorang ayah, atau kepala rumah tangga, dengan alasan apa pun, tidak dibenarkan membiarkan keburukan terjadi dalam rumahnya.
Misalnya ada pelanggaran terhadap syariat Allah, maka seorang kepala keluarga harus berusaha dan bisa mencegahnya agar tidak terulang lagi. Sebab perbuatan Dayuts itu akan menyebab ia kelak tidak dilihat oleh Allah Ta’ala.
 
Dari Salim bin Abdullah (bin Umar), dari bapaknya, dia (Abdullah) berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, ‘Tiga orang yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan melihat mereka pada hari kiamat: anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki, dan dayuts. Tiga orang yang tidak akan masuk surga: anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, pecandu khmar (minuman keras), dan orang yang menyebut-nyebut apa yang dia berikan.” (HR. An-Nasai, no. 2562; Ahmad, no. 6180).
 
Dalam hadis lain, dari Salim bin Abdullah bin Umar, berkata, Abdullah bin Umar Radhiyallahu anhuma bercerita kepadaku bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tiga orang yang Allâh haramkan surga untuk mereka: pecandu khmar (minuman keras), anak yang durhaka, dan dayuts, orang yang membenarkan keburukan di keluarganya.” (HR. Ahmad, no. 5372). Wallahualam. []
 

UK Bookamekrs http://gbetting.co.uk Free Bets